Cara Mencegah Penyakit Meningitis Atau Radang Selaput Otak

Cara Mencegah Penyakit Meningitis Atau Radang Selaput Otak .- Meningitis atau penyakit radang selaput otak merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Ada dua macam penyakit meningitis yang pertama meningitis yang disebabkan oleh bakteri dan yang kedua meningitis yang disebabkan oleh bakteri.Dari kedua macam jenis meningitis tersebut meningitis yang disebabkan oleh bakteri lah yang lebih berbahaya apabila dibandingkan dengan meningitis akibat virus.Untuk itu ketika anda berada ditempat umum ada baiknya lebih berhati-hati karena di sanalah bakteri mudah menyebar.

Cara Mencegah Penyakit Meningitis Atau Radang Selaput Otak

Namun anda jangan khawatir atau menjadi parno akan penyakit ini,karena ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan atau ikuti agar anda terhindari dari penyakit meningitis,dan berikut ini adalah beberapa langkah atau cara untuk mencegah meningitis ini :

1. Melakukan Vaksinasi

Ada pribahasa menyebutkan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati,nah hal pertama yang bisa anda lakukan agar anda terhindari dari penykit radang selaput otak ini ialah dengan melakukan vaksinasi .Para ahli medis menyarankan agar tubuh kita mendapatkan vaksinasi ketika berusia 11-12 tahun. Namun jika Anda telah melewatinya, Anda sebaiknya melakukannya pada usia 16-21 tahun, karena pada usia-usai ini adalah usia rawan. 

2. Hindari Penggunaan Barang Dengan Orang Lain

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menular melalui nafas, air liur serta ingus dari orang yang menderita penyakit tersebut.Untuk itu hindari kontas fisik dengan penderita meningitis ini.Selain itu biasakan jangan mengunakan peralatan makanan yang sama dengan orang lain.

3. Jaga Jarak Dengan Penderita Meningitis

Jika terdapat kerabat atau teman yang terkena meningitis, meskipun Anda ingin atau mungkin ditugaskan untuk merawatnya, Anda sebaiknya tetap berusaha menjaga jarak Anda dengannya. Hal ini karena bakteri meningitis juga terdapat di cairan hidung maupun mulut yang bisa menular ketika penderitanya bersin atau batuk.

4. Biasakan Untuk Melakukan Cuci Tangan Dengan Baik Dan Benar

Sama halnya dengan bakteri penyebab penyakit flu, bakteri penyebab meningitis juga bisa berpindah ke tangan Anda, kemudian ke mulut. Anda bisa mencegah penyakit meningitis dengan sering mencuci tangan Anda, terutama ketika Anda baru saja dari kamar mandi, memegang uang, berada di tempat yang ramai atau baru saja bersin atau batuk.Untuk itu membiasakan cuci tangan yang baik dan benar sangatlah penting bagi kita.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh 

Jagalah kekebalan tubuh Anda dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan berprotein. Anda juga disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit. Selain itu, tidurlah yang cukup karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit.

6. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Anda 

Kembali pada konsep bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri ke dokter. Di sana Anda akan diberi obat antibiotik untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk meningitis.

Selain itu, dokter akan melacak keadaan tubuh Anda, jika terdapat sesuatu yang dianggap tidak normal, maka penanganan dini bisa segera dilakukan. Jadi, tidak ada ruginya pergi ke dokter untuk memeriksakan diri

sumber : vemale.com

Itulah beberapa langkah mencegah penyakit meningitis ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda,dan tidak ada salahnya apabila kita ikuti ke 6 hal diatas sebagai salah satu cara mencegah penyakit meningitis yang bisa menyerang kapan saja.Terima kasih banyak sudah berkunjungan dihalaman sederhana ini dan salam sehat !

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Penyakit Meningitis Atau Radang Selaput Otak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top