Manfaat Dan Cara Mengolah Sarang Semut

Manfaat dan cara mengolah sarang semut .- Sarang semut merupakan salah satu tanaman obat yang berasal dari tanah papua,perlu anda ketahu sarang semut jenis tanaman obat ini bukanlah sarang semut pada umumnya yakni sarang semut yang terbuat dari tanah melainkan tanaman obat yang berbentuk umbi yang memiliki rongga persis seperti rongga sarang semut yang terbuat dari tanah.Sehingga tidak jarang tanaman ini pun sering dijadikan sarang oleh semut.Antara semut dan tanaman ini, terjalin hubungan yang saling menguntungkan atau mutualisme. Enzim yang terdapat ditengah sarang semut tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Dan Cara Mengolah Sarang Semut
Sarang Semut Papua
Hasil penelitian menunjukan bahwa sarang semut banyak mengandung flavonoid yang dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Tanin merupakan astrigen yang mengikat dan mengendapkan protein berlebih dalam tubuh.Selain itu ada polifenol yang merupakan asam fenolik dan flavonoid, tokoferol (vitamin E) sekitar 313 ppm, alfa-tokoferol, magnesium, kalsium, dan fosfor.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa sarang semut mampu mengobati berbagai macam penyakit dan kini sudah banyak orang yang memanfaatkan atau bahkan meramunya menjadi obat herba.

Nah bagi anda yang ingin membuat sendiri ramuan dari sarang semut ini berikut kami berikan informasi cara pengolahan sarang semut papua untuk dijadikan obat :

Ambil sarang semut kira-kira 200 gram 
Rebus dengan air 3 Liter sampai mendidih kemudian disaring lalu diminum secara rutin selama sebulan. 
Sedangkan cara meracik sarang semut yang masih dalam bentuk sarang (kering) yaitu dengan cara memotong kecil menggunakan tangan kemudian masukan dalam blender hingga halus. Setelah itu masukan kedalam wadah bersih.

Cara Konsumsi Sarang Semut : 

Untuk Dewasa 
  • Untuk Pencegahan Minum 3 Gelas Sehari (3×1)
  • Untuk Penyembuhan minum 3-8 Gelas Sehari (6×1)
  • Dalam mengkonsumsi sarang semut harus dibarengi dengan banyak minum air putih dan makan yang bergizi supaya membantu proses mengeluarkan racun dan memperbaiki fungsi tubuh lainnya.

Untuk Anak-anak 
  • Untuk penyembuhan: minumlah air hasil rebusan tersebut secara teratur 2-3 kali sehari hingga sembuh dan setiap takaran obat hanya untuk satu kali pemakaian
  • Untuk pencegahan: dapat diminum secara teratur 1-2 kali seminggu agar tetap sehat dan bugar

Demikianlah sekilas tentang manfaat dan cara mengolah sarang semut ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.Terima kasih banyak atas kunjungan anda dihalaman sederhana ini dan sampai jumpa.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Dan Cara Mengolah Sarang Semut "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top