Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu .- Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada hidung ialah flu,yang mana selain menjengkelkan hidung tersumbat juga bisa membuat kita tidak nyaman,kesulitan dalam bernafas,dan tak jarang juga diikuti oleh perasaan pusing serta tubuh tidak fit yang ujung-ujungnya tentunya saja akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu


lalu mengapa flu bisa membuat hidung kita tersumbat ? jawabannya ialah karena flu dapat menyebabkan peradangan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupapakan jaringan kaya akan pembuluh darah,dan peradangan tersebut membuat pembuluh darah tersebut melebar dan membengkak sehingga hidung kita tersumbat.

Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersebut karena flu yang bisa anda lakukan silahkan disimak  :

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat. Uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

2. Minumlah Air Jeruk Nipis Hangat

Cara terbaik untuk mencegah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga membantu Anda menjaga kekebalan tubuh. Apalagi jika ditambahi dengan madu.

3. Konsumsi Makan-Makanan Peda

Mengonsumsi makanan panas adalah cara terbaik untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya

4. Minyak Kayu Putih

Ini adalah salah satu obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tak tersumbat.

5. Berkumur Dengan Garam 

Masukkan garam ke dalam air hangat. Aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung Anda.

6. Menghirup Uap Air Panas

Kelembaban dan panas dari uap akan meringankan peradangan sehingga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat serta akan membuat anda bisa bernafas dengan lega.

7. Kompres Hangat Di Atas Hidung

salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan ialah dengan mengkompresnya dengan air hangat dengan cara basahi kain handuk dengan ait hangat lalu tempelkan pada batang hidung anda secara menyeleuruh dan melebar ke pipi depan.

8. Posisi kepala saat tidur

Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Ini akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung untuk keluar. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk membuat waktu tidur Anda tidak terganggu karena kesulitan bernapas.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda lakukan sehingga anda bisa bernafas dengan lega.Dan perlu anda kethaui hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya paling lama 1 minggu,namun jika anda mengalami hidung tersumbat lebih dari 1 minggu maka segera konsultasikan kepada dokter.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top